Inilah 3 orang sukses dengan status mahasiswa drop out

 Mereka adalah orang-orang yang cerdas dan pintar, tapi karena beberapa alasan, mereka lebih memilih drop out dari kuliahnya. Mereka yang dropout biasanya lebih disibukan dengan bisnisnya daripada bergelut dengan pelajaran dan tugas-tugas kampus, tapi ada juga yang mengalami kekurangan biaya saat kuliah dan memutuskan untuk mencari uang terlebih dahulu. Drop out bukan berarti bodoh, dan drop out juga bukan berarti sebuah kegagalan dalam hidup kita, selama kita mempunya tujuan yang jelas, dan menekuninya dengan penuh semangat, segala keinginan pasti akan tercapai.

Berikut ini adalah kisah singkat tentang mereka yang dulunya mahasiswa drop out tapi sekarang menjadi seorang yang kaya dan terkenal. Siapakah mereka itu?
1. Bill Gates pendiri Microsoft Corporation
bill gates
Tentu nomor urut yang pertama adalah Bill Gates, sosok seorang dermawan yang pernah menjadi orang terkaya nomor satu di dunia ini ternyata adalah dulunya seorang mahasiswa yang drop out dari kampusnya. Pria kelahiran 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington ini adalah seoarang yang sangat jenius. ketika masih sekolah di Lakeside School, Bill mulai tertarik dengan dunia komputer, dan bisa menguasai bahasa pemograman BASIC dengan sangat cepat. Bill selalu menghabiskan waktunya selama berjam-jam untuk membuat program-program hingga gurunya kala itu memberi ia julukan sebagai orang yang eksentrik.
Ketika Bill mulai masuk ke perguruan tinggi di Harvard University pada tahun 1975, ia terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer, hingga akhirnya Ia memutuskan drop out dengan alasan ingin menyembangkan banyak waktu untuk bisnis yang sedang ia jalankan saat itu.
Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation kini menjadi sebuah perusahaan yang sukses dan besar hingga membuat dirinya menjadi seorang jutawan, bahkan menjadi orang terkaya di Dunia.

2. Mike Lazaridis Penemu & Pencipta Blackberry
MikeLazaridis
Selanjutnya adalah sang pendiri RIM (Research in Motion Limited), Hand phone pintar dengan sistem operasi blackberry ini pernah booming di pasaran dengan fitur push email dan Blackberry messengernya. Semasa kecil pria kelahiran 14 Maret 1961 di istanbul Turki ini juga seorang yang jenius, gemar mengotak-atik perangkat elektronik, dan juga seorang kutu buku, ia pernah mendapatkan penghargaan dari perpustakaan di kota tempat ia tinggal karena telah membca semua buku-buku sains koleksi perpustakaan tersebut.
Ketika sekolah Mike mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang elektronika, hingga saat ia masuk kuliah di University of Waterloo, Ontario, Kanada, ia mulai merintis sebuah perusahaan kecilnya yang bernama RIM. Pada tahun 1984, semasa masih mahasiswa, Mike mulai mencoba peruntungannya dengan mengikuti sebuah lomba tender di perusahaan otomotif raksasa General Motors. Proyeknya adalah merancang sistem display pengontrol jaringan komputer. Ternyata Make menang dan mendapatkan hadiah berupa kontrak kerja senilai 500 rubu dolar AS.
Mike sangat serius mengembangkan perusahaannya itu sampai-sampai ia melalaikan kuliahnya yang hanya tinggal dua bulan lagi wisuda, setelah mendapatkan banyak teguran dari pihak kampus dan Make masih mengabaikannya karena terlalu sibuk menjalani bisnisnya, akhirnya Mike di keluarkan dari kampusnya.
Berkat kerja keras dan inovasinya, karya produknya yang bernama Blackberry kala itu mampu terjual hingga 100 juta unit di 91 negara, bekerja sama dengan 500 operator, dan mengusai 20.8 persen pasar telepon pintar. Dari penjualan produknya yang fantastis tersebut tentu kini membuat ia menjadi seorang jutawan.

3. Mark Zuckerberg Pendiri situs Facebook
Mark Zuckerberg
Anda semua pasti sudah mengenal situs pertemanan paling terkenal yang satu ini, yaitu Facebook. Facebook di dirikan oleh Mark Zuckerberg seorang pemuda kelahiran 1984 di White Plains, New York,  bersama rekan-rekan sekelasnya semasa kuliah di Harvard University. Awalnya facebook hanyalah sebuah situs lokal yang di dirikan di kamar asrama Harvard, Kala itu kampusnya tidak membagikan facebook (buku mahasiswa yang berfungsi untuk memuat foto dan identitas mahasiswa) kepada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan diantara mereka. Disinilah Mark menemukan sebuah ide untuk membuat sebuah situs yang fungsinya hampir sama dengan fasilitas facebook yang ada di sebuah kampus. Mereka (para pengguna facebook) bisa memajang foto-fotonya, teman-temannya, network, dan bisa melakukan hal lainnya seperti berkirim pesan, dan lain sebagainya.
Setelah situs facebook miliknya terkenal di kalangan mahasiswa Harvard, Mark memutuskan untuk memperluas jaringan situsnya yaitu dengan mempromosika facebook ke kampus-kampus lain dengan bantuan teman-temannya. Hasilnya dalam tempo empat bulan, situsnya sudah menjaring di 30 kampus. Ternyata mark tidak berhenti sampai disitu, mark terus mengembangkan situsnya dengan melakukan beberapa inovasi ke dalamnya, Mark juga gencar melakukan promosi, akhirnya berkat informasi dari mulut ke mulut, situsnya pun semakin berkembang dan memiliki pengguna yang semakin hari-semakin banyak. Karena terlalu sibuk dengan situs facebooknya itu, akhirnya Mark memutuskan untuk Drop Out dari kampus dengan alasan ingin lebih serius lagi mengurus situsnya.
Kini situs facebook miliknya telah berkembang menjadi salah satu situs paling besar di dunia dengan peringkat alexa global urutan ke 2 setelah google. Mark juga menjadi seorang Miliader muda dengan kekayaan mencapai $17.55 miliar.

Itulah tadi informasi 3 orang sukses yang dulunya drop out dari kampus dan lebih memilih menjalani bisnisnya. Semoga informasi kali ini bisa menjadi inspirasi buat anda bahwa siapa pun anda pasti bisa sukses. Mau mahasiswa drop out kek, atau belum pernah sekolah sekalipun, tetap bisa sukses, asal ada tekad dan kerja keras.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISAH (NYATA) DI BALIK RASYAD FOUNDATION

"Yang Sudah Berlalu Tak Perlu Disesali"

Contoh Soal Pretest PPG dan Jawaban