1.2.a.8 Koneksi Antar Materi Modul 1.2

 


    Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, saya akan membuat refleksi pembelajaran dengan model 4P

  1. Peristiwa
  2. Perasaan
  3. Pembelajaran
  4. Penerapan

Berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

Peristiwa: Momen yang paling penting / paling berkesan atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah...

    Pada saat saya berdiskusi secara virtual melalui G-Meet tentang filosofi Ki Hajar Dewantara dalam konteks sosio kultural. Pada forum ini kita dituntut untuk berfikir dan menggali kearifan lokal daerah saya di Kabupaten Bengkayang yang selaras dengan pemikiran KHD dan nilai-nilai luhurnya yang dapat saya terapkan di kelas saya.



    Pada saat saya mempelajari modul 1.1 dan 1.2, saya juga Membimbing teman sejawat dalam melakukan pendaftaran CGP angkatan 8, 9, 10 membantu pemahaman dan wawasan mereka dari mulai membuka SIM PKB nya masing - masing dan melengkapi berkas yang diminta dalam pendaftaran dan juga membimbing dalam pengisian essai

    Saya sangat bersemangat untuk mengarahkan dan mengajak mereka supaya maju terus untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak ini karena saya yakin dengan mengikuti PGP ini wawasan, pengalaman dan ilmu yang didapat dari PGP ini akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di daerah perbatasan Malaysia tempat kami mengabdi. Semoga dengan semakin banyaknya teman sejawat saya yang mengikuti Pendidikan Guru Penggerak nantinya bisa lebih memudahkan saya dalam membawa pembaharuan dan terutama membawa perubahan dalam dunia pendidikan disini.



Membimbing teman sejawat dalam melakukan pendaftaran CGP angkatan 8, 9, 10



    Yang kedua : Saya membantu Kepala Sekolah saya yang baru yaitu Pak Zakius Aya dalam  mempersiapkan ajang lomba Inovasi Pembelajaran tingkat Provinsi Kalbar, yang mana kegiatan ini melibatkan anak didik saya di kelas 6. Materi yang diangkat beliau yaitu Inovasi pembelajaran berbasis aplikasi Canva yang diaplikasikan ke anak didik dalam proses pembelajaran sehingga hal tersebut saya pandang sangat bermanfaat dalam meningkatkan motivasi anak didik dalam belajar dan mengenalkan lebih banyak lagi fitur aplikasi canva yang sangat bagus bagi kreatifitas anak didik dalam membuat rangkuman materi pembelajaran yang variatif dan lebih menarik untuk di baca dan dilihat.






    Pada modul 1.2 kegiatan yang menarik dan menantang bagi saya yaitu ketika mengerjakan Demonstrasi Kontekstual karena saya diminta untuk membayangkan kegiatan 3 tahun kedepan saat saya sudah menjadi guru penggerak. Disitu saya berfikir, kegiatan apa yang akan saya lakukan dan mencerminkan nilai guru penggerak yaitu berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, inovatif dan reflektif. Satu momen yang tidak terlupakan yaitu saya pertama kali membuat tugas ini dengan aplikasi Canva sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk menyelesaikannya dengan baik.




Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah... 

    Bahwa nilai dan peran Guru Penggerak sebenarnya adalah implementasi dari filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara. Agar dapat menjalankan peran guru penggerak yang memiliki kelima nilai tersebut, maka seorang guru penggerak harus mampu menerapkan pemikiran KHD sehingga nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada dapat diperkuat untuk menjalankan perannya sebagai guru penggerak.

    Selain itu, Untuk dapat memiliki nilai, peran, kompetensi guru penggerak serta menjadikan peserta didik memiliki profil pelajar pancasila maka kita harus dapat menjiwai filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, karena kedua hal tersebut saling berhubungan dan tidak dapat terpisahkan. Jika kita dapat melakukan hal tersebut dengan baik maka Inshaa Allah kita sebagai pengajar dan pendidik dapat melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang dapat menjaga serta memperkuat bangsa dan negara ini.

Perasaan:

    Perasaan saya ketika berada dalam forum diskusi saat itu saya senang karena saya mendapatkan pencerahan baru tentang nilai sosial budaya yang baik di lingkungan saya yang mungkin sekarang ini mulai terabaikan. Saya suka sekali dengan penjabaran teman teman dalam diskusi sehingga banyak manfaat yang saya dapat disitu dan dapat saya terapkan di sekolah saya untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter kepada murid.

    Perasaan saya ketika membimbing teman sejawat untuk mendaftar CGP di sim PKB juga  membuat saya gembira, karena saya bisa membantu mereka dengan penuh semangat dan merekapun antusias sekali dengan cara membimbing dan pendampingan yang saya lakukan kepada mereka

    Saya juga merasa gembira dan senang sekali ketika saya bisa membantu Kepala Sekolah saya dalam mempersiapkan lomba inovasi pembelajaran tingkat Provinsi Kalbar. Hal ini juga menambah ilmu dan wawasan saya dan murid-murid saya dalam menjalankan aplikasi Canva sehingga dapat lebih baik lagi kedepannya.

    yang terakhir perasaan saya ketika membayangkan kegiatan saya 3 tahun kedepan saat nanti sudah menjadi guru penggerak, tentunya sangat senang dan percaya diri bahwa kegiatan tersebut akan dapat saya wujudkan. Hari ini mungkin saya baru bergerak sedikit tetapi mulai esok hari saya pasti akan terus bergerak dan terus menginspirasi kepada siapapun. Saya yakin suatu hari nanti saya dapat menggerakkan komunitas saya untuk ikut bergerak bersama-sama saya demi pendidikan yang lebih baik terutama di daerah perbatasan Malaysia.

Pembelajaran: 

    Sebelum saya mengikuti pembelajaran ini, saya berfikir bahwa untuk menjalankan peran sebagai guru penggerak, saya cukup merubah pola pikir saya sendiri, kemudian memiliki inovasi dalam pembelajaran dan cukup menggerakkan murid saya agar belajar sesuai dengan minat dan bakatnya saja, Ternyata setelah saya sampai pada tahap ini, tugas seorang guru penggerak tidak hanya merubah ekosistem kelas melainkan seorang guru penggerak harus juga mampu memberi warna pada sekolah, tema sejawat dan komunitasnya serta lingkungannya sehingga nilai-nilai guru penggerak dapat dimunculkan pada setiap guru.

Penerapan ke depan (Rencana): 

    Rencana pengembangan diri kedepan yang akan saya lakukan untuk menguatkan nilai-nilai dan peran serta saya sebagai guru penggerak adalah belajar dari berbagai sumber, membuat inovasi dan dipublikasikan, membentuk komunitas guru penggerak disekolah, berbagi praktik baik dan selalu melakukan pendampingan kepada teman sejawat dan teman-teman guru yang ada di Kabupaten Bengkayang khususnya di daerah saya di perbatasan Malaysia Jagoi Babang.

Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISAH (NYATA) DI BALIK RASYAD FOUNDATION

"Yang Sudah Berlalu Tak Perlu Disesali"

Contoh Soal Pretest PPG dan Jawaban